ASIAN CREDIT UNION FORUM 2018

Sejiram | tritapangkasih.com

Asian Forum, merupakan pertemuan aktivis CU seluruh Asia yang tergabung dalam Asociation of Asian Confederation of Credit Union (ACCU) yang penyelenggaraannya

pada Tahun 2018 ini di Crowne Plaza, Manila Galleria, Filipina (14/9) dengan mengusung tema “Rekindling Raiffeisen’s Ideologies in the Heart of Every Credit Union” (Menghidupkan kembali Ideologi Raiffeisen yang membangkitkan semangat seluruh Credit  Union ).

Friedrich Wilhelm Raiffeisen

Pada Tahun 2018 ini, genap 200 tahun F.W. Raiffeisen sebagai penggagas CU didunia. Selama 200 tahun ini CU didunia telah memberdayakan, mengubah nasib dan meningkatkan kesejahteraan jutaan bahkan milyaran orang di seluruh dunia.  F.W. Raiffeisen, merupakan seorang walikota Flamferfield di Jerman, yang menanamkan semangat kemandirian pada Anggota Credit Union dengan prinsip ” People Helping Peoples Help Themselves “.

Pada Asian Credit Union Forum 2018 ini, yang diikuti oleh 22 Negara yang ada di Dunia (Asia, Australia, Eropa dan Amerika) Kopdit CU Tri Tapang Kasih mengutus 2 orang Perwakilan dari unsur Pengurus dan Manajemen yaitu Bapak Romanus Altrinatus ( Sekretaris Pengurus ) dan Bapak Modestus Tamton ( Kepala Departemen IT). Sebelum Acara Puncak pada tanggal 14/09/2018, kegiatan Asian Forum dimulai dengan Workshop selama 3 hari (10 – 12 / 09). Workshop terdiri dari tiga bagian, yaitu CEO’s Wokshop, HRD Workshop dan Youth and Women Workshop.

Saat Mengikuti HRD Workshop

Sekretaris Pengurus Kopdit CU Tri Tapang Kasih bapak Romanus Altrinatus mengatakan, dapat berpartisipasi dalam kegiatan ACCU Forum ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita semua. Banyak pengalaman yang didapat dari kegiatan ini, terutama dalam hal mengelola  Credit Union. “Banyak informasi – informasi terbaru terkait perkembangan gerakan CU di dunia yang bisa menjadi referensi untuk mengembangkan gerakan CU di Indonesia khususnya CU Tri Tapang Kasih. Informasi tersebut misalnya, Sistem Tata Kelola yang baik, penggunaan system IT Online, Latihan Kepemimpinan berdasarkan semangat Raiffeisen dan Pengembangan Pemberdayaan Gerakan CU yang berorientasi pada komunitas anggota yang ekonomi lemah” ujarnya.

Selain itu, dalam kegiatan ini para peserta diajak untuk Study Tour  ke beberapa CU yang sudah terakreditasi Access. Salah satu CU yang dikunjungi dalam kegiatan Study Tour ini  adalah San Jose Koop, disini para peserta belajar tentang teknik mengelola koperasi yang benar yang sesuai dengan Standar Access. Dengan melihat banyaknya manfaat dari kegiatan ini, beliau berharap Kopdit CU Tri Tapang Kasih bisa kembali berpartisipasi dalam kegiatan ACCU Forum 2019 di Malaysia.

Study Tour Ke San Jose Koop

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Departement IT bapak Modestus Tamton, beliau menyampaikan bahwa banyak manfaat yang didapatkan dari mengikuti ACCU Forum, terutama dalam Workshop yang mereka ikuti. “Sebagai peserta HRD Workshop, yang mengambil Tema Building Tranformative Leaders, kita diberikan pemahaman bagaimana menjadi seorang Pemimpin yang baik dalam Credit Union, menghadapi perubahan – perubahan di era Milenial, serta mengenali level – level kepemimpinan dan pada level mana kita berada” ujarnya.

Bapak Modestus Tamton, saat Melakukan Persentase Kelompok pada HRD Workshop

Dalam kegiatan ACCU Forum ini juga diberikan Award Acess Branding kepada 23 Credit Union yang ada di Asia. Semoga dengan usaha dan kerja keras serta dukungan dari seluruh anggota, Kopdit CU Tri Tapang Kasih juga dapat memperoleh  Award Access Branding.

Penulis : A. Ariyadi
Editor : Yosefin. RS

Tinggalkan Balasan