BERSAMA MELAWAN NARKOBA

Sejiram | tritapangkasih.com

Kopdit CU Tri Tapang Kasih bersama Jajaran Polsek Seberuang bersepakat untuk mencegah, memberantas dan memerangi peredaran narkoba khususnya di wilayah Kecamatan Seberuang, hal ini dibuktikan dengan diadakannya Penyuluhan Anti Narkoba di aula CU Tri tapang Kasih Sejiram, pada hari Sabtu, tanggal 8 September 2018 untuk Siswa/i SMPN 1 Seberuang dan Senin, tanggal 10 September 2018 untuk Siswa/i SMAN 1 Seberuang. Sosialisasi ini sengaja ditujukan kepada anak – anak sekolah agar mereka mengetahui dampak negatif dari narkoba dan pencegahan dapat dilakukan secara dini.

Siswa/i SMP N 1 Seberuang saat Mengikuti Penyuluhan Anti Narkoba di Aula Kopdi CU Tri Tapang Kasih

Seperti yang kita tahu, penyalahgunaan narkoba  sudah tidak mengenal usia dan tempat, baik remaja, dewasa, bahkan dari berbagai kalangan. Mulai dari perkotaan sampai ke pelosok desa. Oleh sebab itu pencegahan terhadap Peredaran & pemakaian narkoba harus dimulai dari usia sekolah yang sangat rentan dengan penyalahgunaan narkoba dan yang menjadi sasaran utama peredaraan narkoba.

Siswa/i SMA N 1 Seberuang saat Mengikuti Penyuluhan Anti Narkoba di Aula Kopdit CU Tri Tapang Kasih

Dari beberapa kalangan yang hadir memberi apresiasi terhadap diadakannya kegiatan ini, mulai dari Siswa/i, Dewan Guru, Danramil Seberuang, Polsek Seberuang, hingga Ketua Dewan Pimpinan Kopdit CU Tri Tapang Kasih. Salah satu Siswi SMAN 1 Seberuang saat di wawancarai mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat bagus, karena mereka dapat memahami bahaya dari narkoba dan dampaknya bagi masyarakat, mereka juga mengapresiasi kepada Kopdit CU Tri Tapang Kasih yang telah melaksanakan kegiatan ini, dan berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan.

Jajaran Polsek Seberuang Bersama Dewan Guru SMP N 1 Seberuang dan Staf CU Tri Tapang Kasih

Ibu Maria De Rosary, S.Pd selaku Wakakurikulum SMPN 1 Seberuang sangat mendukung  adanya Penyuluhan Anti Narkoba yang dilaksanakan oleh Kopdit CU Tri Tapang Kasih ini, menurut beliau lebih baik mencegah sejak dini sebelum terlambat. Penyuluhan Anti Narkoba memang sangat diperlukan, agar pelajar dapat memahami dan mengerti akan bahaya narkoba dan obat – obatan terlarang dan agar terhindar dari perbuatan yang melanggar Hukum serta pelajar tidak terjerumus dan bisa berprestasi disekolah” ujarnya. Mengingat sangat pentingnya penyuluhan ini beliau sengaja melibatkan seluruh siswa/i nya yang berjumlah 427 orang untuk hadir mengikuti kegiatan ini. Beliau juga mengucapkan terima kasih yang  kepada Kopdit CU Tri Tapang Kasih dan Jajaran Polsek Seberuang yang telah menjalin kerjasaman sehingga kegiatan tersebut dapat dilaksanakan.

Ibu Maria De Rosary,S.Pd ( Waka Kurikulum SMP N 1 Seberuang )

Bapak Antonius Budi, S.Sos selaku Dewan Guru SMAN 1 Seberuang sangat antusias menyambut kegiatan ini, menurut beliau kegiatan seperti ini sangat bagus sekali, dimana siswa/i mereka bisa mendapatkan ilmu diluar pelajaran sehari – hari yang mereka dapatkan di sekolah. Oleh sebab itu, dalam kegiatan ini mereka juga melibatkan seluruh Siswa/i nya yang berjumlah 327 orang untuk mengikuti Penyuluhan Anti Narkoba di Kopdit CU Tri Tapang Kasih.

Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa peredaran narkoba saat ini sangat memprihatinkan, dimana para bandar narkoba ini sudah sangat kreatif dalam memasarkan barang haram ini. Dan Indonesia adalah salah satu Negara yang menjadi pasar utama dalam peredaran narkoba jaringan internasional, sasarannya bukan hanya orang dewasa tetapi juga kalangan muda dan para pelajar . “ Untuk saat ini, Indonesia menduduki peringkat ke enam setelah Columbia, China, Brasil, Iran dan Mexico dalam peredaran narkoba, sedangkan dalam peredaran narkoba di Indonesia, Kalimantan Barat merupakan peringkat ke dua setelah Jakarta “ ujarnya. Maka dari itu, beliau berharap dengan adanya kegiatan ini, siswa/i mendapat pengetahuan tentang bahaya narkoba dan bisa menjadi modal untuk membentengi diri agar tidak terjebak atau pun terlibat dengan narkoba.

Bapak Antonius Budi, S.Sos saat memberikan kata sambutan

Beliau juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Kopdit CU Tri Tapang Kasih yang telah membuat program yang berpihak serta peduli terhadap masalah sosial terutama terhadap kalangan muda dan pelajar. “ Sekali lagi Kami pihak Sekolah sangat berterima kasih dan menyambut baik Program Penyuluhan Bahaya Narkoba di Tingkat Pelajar yang dilaksanakan oleh Kopdit CU Tri Tapang Kasih, untuk itu, saya harap para pelajar harus serius mengikuti kegiatan ini “ lanjutnya.

Danramil Seberuang, Bapak Serka Rahmat yang turut hadir dalam kegiatan ini mengatakan apa yang dilakukan oleh Kopdit CU Tri Tapang Kasih dengan Penyuluhan Anti Narkoba ini sangat bagus sekali, karena  menyangkut masa depan bangsa kita dan anak cucu kita. Pendidkan tentang narkoba memang wajib dimulai dari usia dini sampai tingkat SMA agar mereka benar – benar mengerti tentang narkoba. “ Seperti yang kita sadari, narkoba ini adalah musuh negara yang paling terbesar, maka dari itu program seperti ini harus terus dilanjutkan “ ujarnya. Dan beliau berharap kedepannya kegiatan seperti ini dapat berjalan sebaik mungkin, dan masyarakat mau menerimanya dengan senang hati. Beliau juga mengucapkan Terima kasih kepada Kopdit CU Tri Tapang Kasih yang telah melaksanakan kegitan tersebut serta mendukung  program dari Kapolsek maupun Danramil Seberuang, dan semoga Sinergisitas ini tetap berjalan dengan baik.

Serka. Rahmat, Danramil Kecamatan Seberuang

Hal senada juga disampaikan oleh Kapolsek Seberuang Bapak Iptu Parwana. Beliau sangat mendukung dan mengapresiasi apa yang telah diselenggarakan oleh Kopdit CU Tri Tapang Kasih berupa Penyuluhan Anti Narkoba kepada masyarakat, khususnya masyarakat di Kecamatan Seberuang. “ Program seperti ini sangat bagus sekali, karena ini merupakan pencegahan sejak dini terhadap penyalahgunaan dan peredaraan narkoba di masyarakat, terutama di lingkungan pelajar yang sangat rentan menjadi sasaran utama para bandar narkoba “ ucapnya.

IPTU. Parwana, Kapolsek Seberuang

Beliau berharap , Kopdit CU Tri Tapang Kasih selalu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dan semakin jaya serta semakin mengembangkan sayapnya untuk kehidupan masyarakat di Kecamatan Seberuang Khususnya dan di wilayah Kalimantan Barat pada umumnya. “ Dengan adanya CU harapan masyarakat menjadi sangat besar dan luas, Kopdit CU Tri Tapang Kasih ini tidak hanya bergerak dalam bidang keuangan saja, tetapi juga bergerak kepada kepedulian dengan masyarakat, terutama kepada pelajar “ ujarnya. Beliau juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap hidup sehat dan menjauhkan diri dari Narkoba.

Brigadir. Kusmulyadi (Bhabinkamtibnas) saat memberikan Materi
Brigadir. Andy Wibowo (Bhabinkamtibnas) saat memberikan Materi

Ketua Dewan Pimpinan Kopdit CU Tri Tapang Kasih, Bapak Rufinus Sawe dalam sambutannya mengatakan, Gerakan Credit Union adalah gerakan pemberdayaan manusia, utamanya adalah manusia anggota Credit Union, namun juga masyarakat pada umumnya. Mengapa Manusia yang harus diberdayakan? Credit Union adalah kumpulan orang / manusia. karena itu manusia menjadi fokus dalam gerakan Credit Union. Kepedulian terhadap manusia sebagai asset dan sumber daya dalam gerakan Credit Union harus ditumbuh kembangkan sejak dini, karena itu segala bentuk pengerusakan terhadap sumber daya manusia ini, harus dicegah sejak dini juga. Dewasa ini yang mengakibatkan rusaknya asset dan sumber daya manusia ini, salah satunya adalah narkoba.

Ketua Dewan Pimpinan Kopdit CU Tri Tapang Kasih, Bapak Rufinus Sawe

Karena itu, Kopdit CU Tri Tapang Kasih merasa terpanggil dan memiliki tanggung jawab moral untuk melakukan upaya – upaya pencegahan, sehingga generasi muda sebagai generasi penerus gerakan Credit Union tetap eksis, memiliki moral dan ahlak yang dapat menjadi kekuatan dalam pembangunan bangsa dan negara.Sesuai dengan salah satu dari Tujuh Nilai Inti yang diemban oleh Kopdit CU Tri Tapang Kasih, yakni Peduli Lingkungan maka diselenggarakan kegiatan Penyuluhan Anti Narkoba ini, kami bekerja sama dengan Kepolisian Sektor Seberuang dan sasaran Penyuluhan ini adalah Siswa/i SMP Negeri 1 Seberuang dan SMA Negeri 1 Seberuang ” Ujarnya. Beliau berharap dengan adanya penyuluhan ini para Pelajar mendapat pemahaman akan dampak negative dari pemakaian narkoba, sehingga memotivasi mereka untuk tidak menggunakan dan mengedarkannya.

Selain itu, beliau juga mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan Penyuluhan Anti Narkoba ini sehingga dapat berjalan dengan sukses.  ” Saya selaku ketua Kopdit CU Tri Tapang Kasih patut menyampaikan terima kasih kepada Kapolsek Seberuang beserta Jajarannya yang telah bersedia memberikan penyuluhan Anti Narkoba ini, dan juga kepada Kepala Sekolah Beserta Dewan Guru SMP dan SMA Negeri 1 Seberuang yang telah merelakan para siswa/i nya untuk mengikuti Penyuluhan ini ” ucapnya.

Foto Bersama setelah Kegiatan

Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada para siswa/i SMP dan SMA Negeri 1 Seberuang yang telah mengikuti Penyuluhan ini dengan semangat dan juga kepada Staf Manajemen Kopdit CU Tri Tapang Kasih, khususnya Kadep Diklat dan Marketing beserta Staf, yang telah mempelancar proses pelaksanaan kegiatan Penyuluhan ini. ” Dan semoga kita semua disadarkan dengan pemahaman dan pengertian tentang akibat – akibat Negative dari pemakaian Narkoba, Kepada Para Pelajar, mari katakan TIDAK……UNTUK NARKOBA ” tutupnya.

Dan semoga dengan kegiatan Penyuluhan Anti Narkoba Kopdit CU Tri Tapang Kasih ini, lebih banyak generasi muda Indonesia terselamatkan dari bahaya narkoba, khususnya di daerah Kecamatan Seberuang. Ayo bersama lawan narkoba….!!!


Penulis : A. Ariyadi

Editor   : Yosefin. RS

 

Tinggalkan Balasan